Smk Negeri 2 Purwakarta
Jl. Jend. A. Yani No. 98. Purwakrta


Visi Misi SMKN 2 Purwakarta

                                                                                                         logo

 

VISI, MISI SEKOLAH

 

  1. Visi Sekolah

Untuk menggambarkan arah penyelenggaraan dan masa depan sekolah berdasarkan kondisi, potensi, tantangan yang dihadapi, serta mengacu kepada tujuan pendidikan menengah kejuruan dan visi–misi pendidikan Provinsi Jawa Barat, SMK Negeri 2 Purwakarta memiliki visi dan misi sebagaimana diungkapkan di bawah ini.

VISI SMK NEGERI 2 Purwakarta

Menjadi SMK Terbaik Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Menengah Kejuruan Dengan Menghasilkan Tamatan Yang Berkarakter,    Kompeten dan Berprestasi, di Provinsi Jawa Barat Pada Tahun 2022.

 

  1. Misi Sekolah

Untuk mewujudkan visi sekolah sebagaimana tersebut di atas, SMK Negeri 2 Purwakarta mempunyai misi secara global  sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas terbaik dan dinamis berdasarkan prinsip-prinsip Pendidikan/Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Pendidikan Kecakapan Hidup, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  2. Menyediakan dan mengembangkan sarana-prasarana serta fasilitas yang memadai dan terstandar untuk mendukung pengkondisian pembelajaran yang kreatif, produktif dan berprestasi, ditandai dengan 4 Ketrampilan Abad 21, yaitu ”4 C” (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, Collaboration).
  3. Mendidik, membina dan memberdayakan siswa agar menjadi manusia Indonesia yang cerdas, terampil, mandiri, berdaya-saing, berbudaya dan berakhlak mulia, yang mampu beradaptasi untuk siap bekerja dan berwirausaha di dunia kerja.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan Kompetensi serta Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang berdisiplin, optimis, produktif dan berorientasi masa depan.
  5. Menciptakan suasana ”Sekolah Rumah Kedua”, ”Sekolah Ramah Anak” dan ”Anti Kekerasan” yang kondusif, nyaman, religius dan berbudaya lingkungan.
  6. Mewujudkan SMK Negeri 2 Purwakarta sebagai Pusat Layanan Belajar dan Pemberdayaan bagi masyarakat Purwakarta, Jawa Barat dan sekitarnya.

 

  1. Motto Sekolah

"Smekda Ceria"

SMK Negeri 2 Purwakarta Cerdas, Inovatif, Antusias.

 

Cerdas       :    Sekolah mengkondisikan agar siswa memiliki Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan emosional dan Kecerdasan Intelektual serta Ketrampilan yang profesional.

Inovatif       :    Siswa dan Guru selalu berorientasi inovasi dan berpikir kritis, kreatif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta pengembangan diri, sesuai potensi bakat-minat yang dimiliki, sehingga siswa menguasai kompetensi yang profesional.

Antusias     :    Siswa dan Warga sekolah selalu bersemangat enerjik dan ceria (senang hati dan riang gembira) dalam merencanakan dan melaksanakan setiap kegiatan.

 

  1. Nilai-Nilai

Nilai-nilai positif dan konstruktif yang telah cukup membudaya di dalam lingkungan SMK Negeri 2 Purwakarta dan potensial terhadap masa depan sekolah adalah :

  1. Kebersamaan, Kekeluargaan dan saling menghargai
  2. Kesenian dan Keindahan
  3. Disiplin dan Pelayanan Prima

 

  1. TUJUAN INSTITUSIONAL

Berdasarkan Tujuan Pendidikan Nasional, Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan, dan dalam kerangka pencapaian Visi dan Misi sekolah tersebut di atas, dirumuskan Tujuan Institusional SMK Negeri 2 Purwakarta sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan dan melaksanakan program pendidikan/pembelajaran yang efektif, berkualitas terbaik, dinamis dan produktif, berdasarkan Kurikulum yang berlaku dengan prinsip serta pendekatan Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pembelajaran berpusat pada siswa, yang relevan dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta terkait dan sesuai (link and match) dengan dunia kerja.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan penyediaan sarana-prasarana bangunan gedung sekolah, fasilitas pendidikan, bahan dan peralatan yang lengkap, memadai dan pengelolaan terstandar agar terkondisi proses pembelajaran berpusat pada siswa, yang berpikir kritis, kreatif, produktif, inovatif, komunikatif dan kolaboratif, dengan prinsip, strategi dan model/metode pendidikan yang mutakhir.
  3. Mendidik, membelajarkan, melatih, membina dan memberdayakan siswa secara akademik/kurikuler, ektra-kurikuler dan non-kurikuler agar menjadi tamatan atau manusia Indonesia yang berkarakter, berakhlak mulia, berbudaya, cerdas, terampil, mandiri, kreatif-inovatif, komunikatif, kolaboratif, berdaya saing dan mampu beradaptasi untuk siap bekerja dan berwirausaha di dunia kerja.
  4. Membina, mengembangkan dan meningkatkan Kompetensi serta Profesionalisme Tenaga Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Pegawai Adminisrasi) secara berkelanjutan terus-menerus yang berorientasi masa depan, untuk pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang berdisiplin, optimis, prosedural dan terstandar.
  5. Mengembangkan dan memberdayakan ”jaringan kerja (network)” dengan Dunia Kerja dalam rangka mewujudkan Link and Match, Pendidikan Sistem Ganda serta kesejahteraan dan kekeluargaan warga sekolah melalui pemberdayaan potensi sumberdaya sekolah yang produktif dan berbasis sosial-ekonomi.
  6. Meningkatkan kualitas kinerja manajemen (pengelolaan) sekolah kearah berstandar tertentu dan bertaraf internasional dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan.
  7. Mewujudkan dan memelihara suasana lingkungan sekolah yang bersih, aman, tertib, teratur, bernuansa religius, nyaman, hijau, rindang, berbunga, indah, segar, sehat dan berbudaya ramah, sopan untuk memfasilitasi serta mengkondisikan motivasi, efektifitas dan efisiensi setiap program/kegiatan.
  8. Merealisasikan dan mengembangkan sekolah sebagai Pusat Layanan Belajar dan Pemberdayaan Masyarakat, dengan menyelenggarakan pendidikan/pelatihan ketrampilan/kejuruan bagi masyarakat wilayah Purwakarta, Jawa Barat dan sekitarnya.