Smk Negeri 2 Purwakarta
Jl. Jend. A. Yani No. 98. Purwakrta


Tentang SMKN 2 Purwakarta

SMK Negeri 2 Purwakarta resmi didirikan pada tanggal 27 Mei 1968 melaui Surat Keputusan Pendirian : 199/UKK3/1968 dan beroperasi pada tahun yang sama, SMKN 2 Purwakarta pada mulanya merupakan SMEA Negeri Pertama yang didirikan di Kabupaten Purwakarta dan termasuk salah satu smk tertua di Kabupaten Purwakarta yang berdiri di bawah naungan Kementria Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan salah satu sekolah rujukan untuk wilayah Kabupaten Purwakarta - Provinsi Jawa Barat.

Letak SMKN 2 Purwakarta dilokasi yang strategis di pusat kota Purwakarta tepatnya Jl. Jend A. Yani No. 98. Saat ini SMKN 2 Purwakarta memiliki 6 Paket Keahlian yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga(AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran(OTKP), Bisnis Daring dan Pemasaran(BDPM), Rekayasa Perangkat Lunak(RPL), Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) dan Tata Busana (TB) serta Pendidikan Jarak Jauh Untuk Rekayasa Perangkat Lunak dan Tata Busana.

Di SMK ini, Peserta didik  mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidangnya masing-masing dengan kegiatan pembelajaran yang didukung dengan fasilitas belajar yang memadai dan teknologi informasi. Sebagai Sekolah rujukan, SMK Negeri 2 Purwakarta memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kegiatan-kegiatan pengembangan pembelajaran yang diwujudkan dengan upaya mendorong guru dan staff , pegawai  dan peserta didik untuk melakukan dan mengembangkan berbagai pendidikan dan pelatihan  terkait beragam bidang keilmuan.

Komitmen kerakyatan pun diwujudkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat baik dengan penerjunan peserta didik  melalui kegiatan-kegiatan sosial pemberdayaan masyarakat. Dalam penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Kompetensi, SMK Negeri 2 Purwakarta dimotori oleh 86 Guru dan 33 karyawan yang berkomitmen untuk menjadikan SMKN 2 Purwakarta menjadi SMK berkarakter yang menjadi rujukan SMK lainya.

Agar seluruh kegiatan sekolah berlangsung dengan baik dan membahagiakan, SMKN 2 Purwakarta mengarahkan penataan dan pengembangan infrastruktur fisik di lingkungan sekolah pada prinsip perwujudan sekolah “ceria”. Prinsip ini tertuang dalam Motto dan Tujuan Pendidikan yang mengamanatkan sebuah lingkungan yang kondusif untuk proses pembelajaran dalam konteks pengembangan kolaborasi multidisiplin dan tanggap terhadap isu ekologis.